Kamis, 24 Oktober 2013

HARDWARE



1.    Processor / CPU
CPU singkatan dari Central Processing Unit adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. CPU berfungsi seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan tombolpemindaituas kontrol, maupun tetikus. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputerPerangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram kerasdisketcakram padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (MAA), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada MAA dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.
A.   Chipset CPU
Mengontrol input dan output(masukan dan keluaran) yang mendasar pada komputer. lebih jelasnya bahwa chipset yang terdapat pada motherboard berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu komonen ke komponen lainnya. misalnya, mengarahkan data dari CPU (processor) menuju kartu grafis (video card) atau ke sistem memory ( RAM), serta mangarahkan aliran data melalui bus PCI, drive IDE dan port I/O. Pada kasus ini , dapat di ibaratkan bahwa chipset seakan-akan berfungsi sebagai polisi lalu lintas pengatur aliran data pada motherboard di sebuah PC (personal komputer).
B.   Kecepatan Processor CPU
Setiap mikroprosesor berisi sebuah sistem clock, yang bertugas mengontol kecepatan semua operasi dalam komputer. Sistem clock menggunakan getaran yang stabil dari kristal quartz yang bisa memberikan detak digital atau “tick” bagi CPU. “Detak digital” inilah yamng dinamakan cycle. Angka clock speed yang lebih tinggi berarti pemrosesan data dan intruksi program juga dilaksanakan semakin cepat, sepanjang sirkuit internal komputer mampu menagani peningkatan kecepatan tersebut.
C.   Socket CPU
Soket CPU atau CPU Slot adalah komponen mekanik (s) yang menyediakan koneksi mekanik dan listrik antara mikroprosesor dan papan sirkuit cetak (PCB). Hal ini memungkinkan CPU untuk diganti tanpa solder. Soket umum memiliki klip retensi yang menerapkan gaya konstan, yang harus diatasi bila perangkat dimasukkan. Untuk chip dengan sejumlah besar pin, baik nol penyisipan kekuatan (ZIF) socket atau tanah grid array (LGA) soket yang digunakan sebagai gantinya. Desain ini menerapkan gaya tekan sekali baik pegangan (untuk jenis ZIF) atau piring permukaan (LGA tipe) dimasukkan ke dalam tempat. Ini memberikan retensi mekanik unggul sementara menghindari resiko pin lentur saat memasukkan chip ke dalam soket. http://en.wikipedia.org/wiki/CPU_socket
2.    Memory / RAM
RAM yang merupakan singkatan dari Random Access Memory adalah sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi menyimpan berbagai data dan instruksi program. RAM biasa juga disebut sebagai memori utama (main memory), memori primer (primary memory), memori internal (internal memory), penyimpanan utama (primary storage), memory stick, atau RAM stick. Bahkan terkadang orang hanya menyebutnya sebagai memori meskipun ada jenis memori lain yang terpasang di komputer.
A.   Chipset
Mengontrol input dan output(masukan dan keluaran) yang mendasar pada komputer. lebih jelasnya bahwa chipset yang terdapat pada motherboard berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu komonen ke komponen lainnya. misalnya, mengarahkan data dari CPU (processor) menuju kartu grafis (video card) atau ke sistem memory ( RAM), serta mangarahkan aliran data melalui bus PCI, drive IDE dan port I/O. Pada kasus ini , dapat di ibaratkan bahwa chipset seakan-akan berfungsi sebagai polisi lalu lintas pengatur aliran data pada motherboard di sebuah PC (personal komputer) .
B.   Speed
Merupakan kecepatan yang terdapat pada RAM yang berfungsi sebagai indikasi penyimpanan sementara yang terjadi pada komputer besar atau tidak, semakin besar RAM berati semakin besar tempat penyimpanan sementara pada komputer dan menyebabkan proses yang dilakukan komputer semakin besar.
3.    Motherboard
Motherboard atau dengan kata lain mainboard adalah papan utama berupa pcb yang memiliki chip bios (program penggerak), jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses masing-masing perangkat. Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk Motherboard merupakan komponen utama dari sebuah PC, karena pada Motherboard-lah semua komponen PC anda akan disatukan. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.
A.      Chipset
Chipset adalah "lem" yang menghubungkan mikroprosesor ke seluruh motherboard dan karena itu ke seluruh komputer. Pada PC, itu terdiri dari dua bagian dasar - northbridge dan southbridge. Semua dari berbagai komponen komputer berkomunikasi dengan CPU melalui chipset. Northbridge terhubung langsung ke prosesor melalui front side bus (FSB). Sebuah memory controller terletak pada Northbridge, yang memberikan akses cepat CPU ke memori . Northbridge juga terhubung ke AGP atau PCI Express bus dan ke memori itu sendiri.
B.       Slot
Slot adalah bagian dalam sebuah sistem komputer yang sangat umum dan selalu tersedia. Slot ini berguna sebagai tempat untuk meletakkan atau memasang peralatan tambahan bagi komputer Anda. Slot menurut kebutuhan dan kemampuannya telah dibeda-bedakan, disesuaikan dengan kebutuhan dari sistem itu sendiri.
macam-macam slot yang dikenal dalam sistem komputer :
1. ISA (Industry Standard Architecture)
Slot ini adalah yang paling umum tersedia pada motherboard, karena ISA adalah slot orisinil dari sebuah motherboard. slot yang paling panjang adalah ISA. Namun jika semua slotnya berukuran sama, itu tandanya slot yang ada pada motherboard Anda adaah ISA semua. 8-bit ISA memiliki nilai transfer rate 0,625 MB/sec. Sedangkan sistem yang banyak dipakai saat ini lebih banyak menggunakan 16-bit ISA yang memiliki nilai transfer rate 2 MB/sec.

2. EISA (Enhanced Industry Standard Architecture)
EISA lebih banyak digunakan dalam sistem server. Karena slot ini memang sengaja diperuntukkan untuk meng-handle pekerjaan yang lebih berat dari ISA. EISA memiliki fitur bus mastering yang dapat membuatnya bekerja tanpa membebani kerja CPU. Contoh card yang menggunakan slot ini adalah SCSI card. Berhubung slot ini tidak mengganggu kerja CPU, maka slot ini cukup tepat untuk digunakan dalam meningkatkan kecepatan kerja computer.

3. MCA (Micro Channel Architecture)
Slot ini pertama kali diperkenalkan oleh IBM. Seperti EISA, MCA memiliki 32-bit dan mampu melakukan bus matering juga. Namun, MCA memiliki keterbatasan. Jika pada EISA Anda dapat memasang card ISA, pada MCA card ISA tidak dapat dipasangka di dalamnya. MCA dapat otomatis mengenali jenis card yang dipasang ke dalamnya dan langsung melakukan konfigurasi dasar. MCA juga lebih kuat menghadapi gangguan listrik dan mengurangi error yang kadang terjadi pada slot lain dan slot ini tidak di pergunakan lagi.
4. VESA (Video Electronics Standard Association)
Sesuai dengan namanya, slot ini memang digunakan untuk keperluan grafis yang embutuhkan kecepatan tinggi, seperti video card. Transfer rate yang dimiliki oleh VESA sendiri adalah 132 MB/sec. ada dasarnya sama dengan ISA slot, namun VESA memiliki slot tambahan di lakangnya sehingga total panjang yang dimiliki VESA lebih besar 4 inci dari ISA slot.

5. PCI (Peripheral Component Interconnect)
PCI dikembangkan oleh Intel. slot ini sangat umum terdapat pada motherboard yang menggunakan prosesor Intel. Kecepatan yang dimiliki PCI hamper sama dengan VESA, namun spesifikasi lainnya berbeda. Pada PCI, PCI dapat melakukan konfigurasi otomatis.

6. PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association)
slot ini adalah bentuk card yang akan masuk ke dalamnya, yaitu hanya sebesar kartu kredit. Biasanya slot ini hanya terdapat pada perangkat yang memiliki mobilitas tinggi, seperti notebook. slot ini biasanya disediakan sebagai fitur ekspansi dari sebuah sistem. PCMCIA tersedia dalam berbagai tipe menurut ketebalannya. Tipe 1 memiliki ketebalan sebesar 3,3 mm dan biasanya berfungsi sebagai RAM atau flash memory. Tipe ini paling sering terdapat pada PDA atau kamera digital. Tipe 2 memiliki ketebalan 5 mm dan biasanya berfungsi sebagai modem atau adapter. Tipe 3 adalah tipe yang paling tebal (10,5 mm). Biasanya berfungsi sebagai alat tambahan seperti harddisk. Biasanya jika Anda memiliki slot PCMCIA tipe 3 juga menggunakan peripheral yang menggunakan tipe 1 dan 2, dikarenakan ketebalannya. Setiap slot membutuhkan jalur komunikasi yang digunakan untuk menghubungkan card dengan CPU. Jalur komunikasi ini terdiri atas IRQ, DMA, dan memory address.

C.      Southbridge
Mengatur kerja pheriperal. Seperti IDE Controller, PCI, ROM Bios, keyboard, mouse, USB, Eth., LAN, dll. Fungsi Southbridge adalah mengatur kerja antara peripheral-peripheral/perangkat semacam IDE Controller, PCI Bus, ROM Bios, Keyboard & Mouse, USB, Eth. LAN, Modem dan fungsi I/O lainnya.
4.    HARDRIVE
Pengertian Hard disk (Cakram keras- bahasa Indonesia) disebut juga Hard disk drive (HDD) yaitu hardware yang berfungsi untuk menyimpan data yang berbentuk kotak persegi empat yang didalamnya terdapat piringan magnetis. Berbeda dengan RAM, jika hard disk tidak dapat supply listrik tetap dapat menyimpan data.
A.     Chipset
Mengontrol input dan output(masukan dan keluaran) yang mendasar pada komputer. lebih jelasnya bahwa chipset yang terdapat pada motherboard berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu komonen ke komponen lainnya. misalnya, mengarahkan data dari CPU (processor) menuju kartu grafis (video card) atau ke sistem memory ( RAM), serta mangarahkan aliran data melalui bus PCI, drive IDE dan port I/O. Pada kasus ini , dapat di ibaratkan bahwa chipset seakan-akan berfungsi sebagai polisi lalu lintas pengatur aliran data pada motherboard di sebuah PC (personal komputer) .
5.    Network Card
Network card adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.
6.    GRAPHICS
Berbagai fungsi yang ditawarkan oleh kartu memori kebanyakan seperti rendering percepatan adegan 3D dan grafis 2D, TV output, MPEG-2/MPEG-4 decoding, atau kemampuan untuk menghubungkan beberapa monitor (multi monitor).
7.    Peripheral
Peripheral adalah Perangkat keras (hardware) yang terhubung dengan komputer bisa juga dinamakan sebagai perangkat tambahan yang digunakan untuk keperluan tertentu.

 Peripheral (periferal) Menurut Jenisnya dibagi menjadi 2 macam, yaitu :
  1. Main Peripheral (Periferal Utama) : Periferal utama adalah perangkat keras (hardware) yang harus ada dalam pengoprasian komputer. Contohnya : Monitor, Keyboard dan Mouse.
  2. Auxillary Peripheral (Periferal Pendukung) : Periferal pendukung adalah Perangkat keras (hardware) yang tidak selalu harus ada dalam pengoprasian komputer. Contohnya : Printer, Scanner, Modem dll.
Peripheral (periferal) Menurut Kegunaannya dibagi menjadi 2 macam, yaitu :
  1. Input (Perangkat Masukan) : Perangkat masukan adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data ataupun perintah kedalam komputer. Contohnya : Keyboard, Mouse, Scanner dll.
  2. Output (Pernagkat Keluaran) : Perangkat Keluaran adalah perngkat yang digunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data. Contohnya : Printer, Monitor, Speaker dll.



1 komentar:

  1. Ayo segera bergabung bersama S128Cash !!
    Agen Judi Online Terbaik 2019 dengan pelayanan PROFESIONAL dan ramah untuk Anda para pecinta Judi Online Indonesia.
    S128Cash juga menyediakan semua permainan populer kalangan Indonesia, seperti :
    - Sportbooks
    - Live Casino
    - Sabung Ayam Online
    - Slot Games
    - Tembak Ikan Online
    - IDN Poker
    - Klik4D

    Nikmati beragam PROMO BONUS S128Cash :
    - BONUS NEW MEMBER 10%
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5%
    - BONUS CASHBACK 10%
    - BONUS FREEBET 200rB
    - BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !! ( Sabung Ayam Online )

    Selain seluruh bank INDONESIA yang tersedia untuk DEPOSIT dan WITHDRAW, Anda juga bisa melakukan deposit VIA PULSA, OVO, dan GOPAY !!

    Hubungi kami :
    -Livechat : Live Chat Judi Online
    - WhatsApp : 081910053031

    Link Alternatif :
    - http://www.s128cash.org

    Judi Bola

    Judi Bola Online

    BalasHapus